Bisnis Kartika Putri, Raup Cuan dari Jasa Endorsment dan Monetisasi YouTube
JAKARTA, MEDIAINI.COM – Bisnis Kartika Putri ragam macamnya. Artis yang pertama kali dikenal publik dengan logat ‘ngapaknya’ ini sempat mendirikan berbagai lini usaha, mulai dari kuliner, sabun herbal, clothing line, hingga bisnis hijab.
Namun karena pandemi dan faktor lainnya, beberapa unit bisnisnya terpaksa gulung tikar. Meski demikian, istri Habib Usman bin Yahya yang namanya kembali mencuat lantaran berkonflik dengan dokter Richard Lee itu tidak patah arang dan kembali bangun untuk menjajal bisnis lainnya.
Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan popularitasnya sebagai seorang public figure, artis kelahiran Palembang ini menjajal peruntungannya lewat industri digital, yakni Instagram dan YouTube, layaknya sejumlah selebriti Indonesia lainnya yang saat ini juga ‘berjualan’ di kedua platform tersebut.
Bisnis Kartika Putri Tekuni Endorse Instagram
View this post on Instagram
Dipantau dari akun Instagram @kartikaputriworld, artis yang merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 22 Januari itu telah memiliki lebih dari 14,4 juta pengikut. Dengan jumlah followers sebanyak itu, tidak sulit bagi Kartika Putri untuk mendapatkan endorse dari vendor yang yang ingin mempromosikan barang dagangannya, atau meminta jasa sang aktris sebagai brand ambassador.
Dalam beberapa kesempatan, Kartika Putri mempromosikan produk edukasi untuk anak, skincare, produk perawatan anak, home appliance alias produk rumah tangga, hingga fesyen. Lantas, berapa tarif endorse Kartika Putri?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentu saja sang artis tidak mempublikasikannya. Tapi sebagai gambaran, merujuk pada situs selegraf.com, tarif atau harga endorse di Instagram memiliki sistem perhitungannya sendiri.
Dikutip dari laman tersebut, tarif endorse selebgram untuk 2021 rata-rata berada di angka USD 10 atau Rp 142 ribu (kurs Rp 14.200) untuk setiap unggahan per 1.000 followers. Jadi untuk kelanjutannya, Anda bisa menghitungnya sendiri.
Sekadar catatan, perhitungan tersebut belum termasuk harga endorse untuk Instagram Stories ataupun Instagram Live, yang biasanya memiliki tarif yang lebih mahal.
Raup Cuan YouTube, Bisnis Kartika Putri di Digital Banyak Dilirik
Bisnis Kartika Putri di dunia digital juga bermuara dari YouTube. Dalam dua tahun terakhir, ia membangun channel YouTube bernama Kartika Putri Official.
Konten yang disajikan channel YouTube Kartika Putri pun beragam, mulai dari talk show, kolaborasi bareng content creator lainnya, hingga mengekspose kegiatan sehari-harinya bersama keluarga. Hingga saat ini, sang artis cukup produktif karena sudah mengunggah 332 video.
Sedangkan merujuk pada data noxinfluencer yang diambil pada Kamis (30/12/2021), saluran YouTube Kartika Putri Official telah memiliki lebih dari 1,37 juta subscribers, dengan rataan jumlah pentonton sebesar 191,79 juta untuk setiap video yang diunggah Kartika Putri.
Dengan banyaknya jumlah subscribers dan penonton yang menikmati konten videonya, kanal YouTube milik Kartika Putri ini sudah menempati peringkat 767 secara nasional dan berada di urutan 19.655 dalam skala global.
Meski sudah terkenal di YouTube, laman tersebut belum bisa menakar pendapatan Kartika Putri dari YouTube miliknya tersebut. Namun sebagai gambaran, ada tiga sumber penghasilan yang dapat diurai.
Pertama, dari jumlah penonton. Kedua, dari adsense. Untuk kedua hal ini dapat dimonetisasikan. Sedangkan untuk sumber yang ketiga berasal dari pengiklan atau perusahaan yang memberikan endorse kepada saluran YouTube tersebut. Endorsement inilah yang memiliki potensi cuan yang paling besar.
Selain dari YouTube dan endorse Instagram, pundi-pundi keuangan Kartika Putri juga masih bisa bertambah. Meski sudah mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan, namun ia sesekali masih menghadiri acara di televisi atau YouTube sebagai bintang tamu. (Tivan)
Comments
Post a Comment