Yuk belajar Brand Association dan fungsinya disini
MEDIAINI.COM – Brand association atau asosiasi merek adalah kesan yang tak terlupakan ketika Anda melihat suatu objek yang terkait dengan produk atau layanan tertentu. Objek di sini adalah logo, konsep, nama produk, atau emosi yang terkait dengan pengalaman menggunakan produk.
Inilah pentingnya merek. Akibatnya, banyak pemilik produk mendesain merek dan logo mereka dengan cara yang paling menarik sehingga konsumen dapat dengan mudah mengingatnya secara sekilas. Dapat dikatakan bahwa prinsip-prinsip brand association bekerja dalam dua arah.
Artinya jika produk Anda sudah memiliki merek yang kuat, konsumen dapat dengan mudah mengaitkan merek Anda dengan produk sejenis yang ada di pasaran. Sebaliknya, ketika seorang konsumen memikirkan suatu produk, merek produknya mungkin menjadi pilihannya.
Fungsi Brand Association untuk bisnis Anda

Setelah memahami brand association dan prinsip kerjanya, Anda juga perlu memahami peran brand association dalam dunia bisnis. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat dihasilkan oleh brand association.
-
Mendukung pemrosesan / akuisisi informasi
Asosiasi dapat memberikan ringkasan berbagai fakta dan spesifikasi. Tanpa rangkuman tersebut, akan sulit bagi konsumen untuk mengakses informasi dan menjalani proses pembelian. Asosiasi juga dapat mengurangi biaya bisnis untuk mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Akibatnya, asosiasi merek sangat membantu dalam mengumpulkan dan mengambil informasi perusahaan.
-
Diferensial
Asosiasi dapat memberikan landasan penting bagi upaya untuk membedakan satu merek dengan merek lainnya. Dalam hal ini adalah asli dan asli, hanya diproduksi oleh bisnis, karena sering disajikan dalam bentuk atau keunikan produk bisnis.
-
Alasan untuk membeli
Asosiasi Merek menghasilkan berbagai merek produk atau keuntungan (customer perks) bagi konsumen yang dapat memberikan alasan tertentu kepada konsumen untuk membeli dan menggunakan suatu merek. Berkat Asosiasi Merek, pembeli secara meyakinkan diundang untuk membeli dan mempromosikan produk mereka secara sukarela tanpa paksaan atau bimbingan.
-
Sikap/ emosi kreatif yang positif
Sikap/emosi positif kreatif adalah penciptaan sikap dan emosi positif berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya dan transformasi pengalaman tersebut menjadi sesuatu yang lain. Berkat Asosiasi Merek, perasaan itu meresap setelah pembeli membeli dan membeli barang tersebut. Setelah itu, bahkan dalam jumlah banyak.
-
Dasar-dasar ekspansi
Asosiasi dapat memberikan dasar untuk ekstensi dengan menciptakan kesesuaian antara merek dan produk baru, atau dengan memberikan alasan untuk membeli produk dengan ekstensi. Ini membentuk dasar untuk distribusi produk yang lebih banyak dan kemudian menjadi lebih luas.
Contoh dari Brand Association

Misalnya McDonald’s, asosiasi yang terkait dengan merek tersebut adalah karakter Ronald McDonald’s, Big Mac, dan sebagainya.
Itu selalu menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi pecinta makanan cepat saji, tapi kenapa tidak? Kami diperkenalkan dengan karakter badut yang hanya memiliki McDonald’s, dan kami tentu tahu bahwa hanya McDonald’s pertama yang menawarkan makanan anak-anak dengan harga menarik tertentu. Lalu ada makanan yang selalu saya ingat: McDonald’s. Anak-anak selalu ingat. Yang mereka tahu adalah bahwa burgernya adalah McDonald’s.
Ada banyak merek burger komersial yang kurang dikenal, tetapi bagi mereka yang berpegang teguh pada mereka, mereka masih ada di McDonald’s. Setelah menjadi ikon restoran cepat saji McDonald’s. Ronald McDonald pada zamannya secara teratur terlihat di pintu masuk restoran. Hari ini, Ronald McDonald jarang terlihat. Karena konspirasi dengan pesaing, ikon rantai restoran telah menghilang dalam beberapa tahun terakhir.
Menyebut CBR, salah satu pesaing McD India membuat kampanye iklan dari absennya Ronald McDonald bernama #LonelyNoMore. Selama kampanye, kami memberikan burger gratis kepada mereka yang mengirimkan foto dengan patung maskot McDonald’s.
Ronald adalah salah satu maskot perusahaan paling terkenal di dunia, tetapi dia dan maskot McDonald’s lainnya (seperti Grimace dan Hamburglar) telah menghilang dari mata publik dalam beberapa tahun terakhir. Di zaman modern ini, hewan peliharaan berupa binatang lucu dan animasi digital yang tidak membutuhkan orang atau kostum. Cukup buat desain 3D dan buat video promosi yang menarik. (Erry)
Comments
Post a Comment