6 Cara Maksimalkan Corporate Sales

MEDIAINI.COM – Jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis tentunya Anda harus memahami beberapa jenis penjualan terlebih dahulu. Salah jenis yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu yakni corporate sales. Biasanya dengan jenis penjualan ini akan ditugaskan untuk mengoptimalkan penjualan tersebut. Berikut ini penjelasan, pemahaman dan definisi tentang apa itu corporate sales dan juga langkah-langkah yang harus diikuti jikalau ingin mengoptimalkannya.

Apa Itu Corporate Sales?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mediaini.com (@mediaini.id)

Corporate sales itu sendiri merupakan proses penjualan yang dilakukan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Hal ini juga biasa dikenal dengan istilah hasil penjualan B2B (business to business).  Kenapa bisa begitu? Karena yang membeli bukan konsumen biasa, tetapi perusahaan lain. Walau begitu, hasil penjualan ke perusahaan lain tersebut nantinya tetap akan masuk ke dalam pembukuan sehari-hari. Bisnis bidang apapun bisa menggunakan sales ini, terlebih jika mereka menjual produk yang bisa melengkapi produk lain.

Contohnya yang biasa Anda temui sehari-hari yakni supplier sayur dan buah segar yang menjual produknya ke supermarket. Sebagai supplier, hasil penjualan ke supermarket akan masuk ke dalam kategori corporate sales. Karena, nantinya supermarket akan mendistribusikan produk dari supplier tersebut ke beberapa cabang yang dimiliki, lalu baru berakhir di pelanggan.

Cara Mengoptimalkan Corporate Sales

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada langkah-langkah yang wajib Anda ikuti jika ingin meningkatkan dan mengoptimalkan corporate sales. 

1. Tingkatkan produk knowledge

Produk knowledge adalah langkah pertama yang harus Anda ikuti untuk meningkakan corporate sales. Hal ini penting bagi Anda untuk benar-benar paham soal produk yang ditawarkan, apalagi jika Anda sebagai orang yang bertanggung jawab dalam mendatangkan pendapatan dari transaksi B2B. Percuma membuat pitch yang bagus kalau pemahaman tentang produk yang dijual masih minim. Pengetahuan mendalam seputar produk akan lebih diskai oleh konsumen dibandingkan yang sekedar jago dalam presentasi.

2. Kumpulkan database

Hal selanjutnya yang bisa Anda ikuti adalah kumpulkan database terlebih dahulu. Jika sudah, Anda akan tahu siapa saja prospek konsumennya, bagaimana cara pendekatan yang paling ampuh, dan juga tentunya lebih terorganisir dalam melakukan closing sales.

3. Ulik seputar pelanggan

Kalau ingin mengoptimalkan corporate sales, hal lain yang harus Anda lakukan adalah benar-benar mempelajari atau mengulik calon konsumen Anda. Cari tahu seputar jumlah karyawan, budaya perusahaan, budget untuk produk yang Anda jual, dan sebagainya. Intinya cari saja pain points yang bisa Anda selesaikan dengan produk dari perusahaan Anda. Jadi, ketika menawarkan Anda benar-benar tahu apa yang mereka butuhkan dan mengapa Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Persiapkan pitch sales

Anda harus selalu mempersiapkan sales pitch kapan dan dimana pun. Perlu diketahui, buatlah pitch sales yang menghemat waktu bagi Anda dan juga calon konsumen, tetapi harus menyampaikan semua poin penting.

5. Selalu follow-up

Selalu melakukan follow-up juga penting bagi Anda saat ingin mengoptimalkan corporate sales. Saat melakukan follow up, cari tahu apakah penjualan akan berhasil atau tidak. Jika dirasa seperti mengulur-ulur, kemungkinan mereka tidak tertarik atau kurang sesuai dengan penawaran yang Anda berikan.

6. After sales harus terjaga dengan baik

Dalam berbisnis, tidak hanya proses pendekatan saja yang penting, tetapi after sales juga cukup penting, karena bisa meningkatkan corporate sales dalam jangka panjang. Hal ini bisa dilihat sendiri, seperti pastinya Anda juga akan lebih tertarik dan membeli produk dari perusahaan yang pelayanan sebelum, saat, dan sesudah pembelian sama bagusnya dalam melayani Anda.

Itu dia berbagai macam cara yang bisa diikuti agar corporate sales terus meningkat dan terjaga dari segi kuantitas maupun kualitasnya. (Izra Seva)


Comments

Popular posts from this blog

Marinated Olives

Sensory SZN

Shrimp Bowl with Cilantro Lime Rice