Squid Game Populer, Daftar Brand Lokal Ini Manfaatkan untuk Promosi

JAKARTA, MEDIAINI.COM – Serial drama Korea Squid Game yang diproduksi oleh Netflix saat ini sedang menjadi perbincangan dimana-mana. Menceritakan kisah sekelompok orang yang mempertaruhkan hidup mereka dalam kelangsungan hidup yang misterius ini, rilis di seluruh dunia pada 17 September 2021 lalu. Akibat ketenaran drama tersebut, banyak pelaku bisnis memanfaatkan Squid Game untuk strategi promosi mereka. Squid Game ini juga berhasil memecahkan rekor drama Korea yang diproduksi Netflix.

Squid Game Pecahkan Rekor di Netflix

Serial ini berhasil memecahkan rekor drama Korea yang dicetak di Netflix, dalam waktu tiga hari setelah rilis. Squid Game saat ini menjadi drama Korea dengan skor tertinggi di Netflix.  Drama Korea ini menerima skor keseluruhan 562, mengalahkan Sweet Home, yang sebelumnya mencapai 428 poin selama penayangannya. Bahkan berhasil mengalahkan Money Heist, acara Netflix populer yang sudah ada sejak lama. Squid Game dibintangi oleh aktor terkenal Park Hae Soo dan Lee Jung Jae, yang dikenal karena kemampuan akting mereka, serta menampilkan akting cemerlang dari Gong Yoo dan Lee Byung Hun. Dengan kepopulerannya tersebut, banyak para pelaku bisnis dari berbagai brand di dunia maupun di Indonesia yang menggunakan promosi dengan unsur Squid Game.

Strategi Brand Lokal Menggunakan Unsur Squid Game

Berikut ini ada beberapa brand lokal dan pelaku bisnis dari Indonesia yang memanfaatkan kepopuleran Squid Game untuk strategi promosi mereka.

1. Roughneck

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ROUGHNECK 1991 (@roughneck1991)

Brand asal kota depok ini memanfaatkan ketenaran Squid Game, yakni dengan menjual produk track suit ciri khas dari drama tersebut yang berwarna hijau. Di akun instagramnya Roughneck membanderol harga track suit itu sebesar Rp 350 ribu untuk satu pasangnya. Hebatnya, kurang dari satu jam produk track suit tersebut langsung sold out.

2. Abyad Apparel Pro

Squid Game Populer, Daftar Brand Lokal Ini Manfaatkan untuk Promosi
Akun Instagram Abyad Apparel Pro

Produk track suit ini nampaknya sudah menjadi simbol ikonik dalam serial drama asal Korea Selatan, brand lokal Abyad Apparel Pro pun menjual produk tersebut. Pembeli pun bisa request nomor yang ada dalam jaket tersebut, persis seperti di drama Korea Squid Game.

3. Masterpiece Clothing

Brand lokal selanjutnya yang memanfaatkan ketenaran drama Squid Game adalah Masterpiece clothing. Namun brand ini tidak menjual produk track suit seperti brand lain, tetapi mereka melakukan give away, pemenang akan mendapatkan track suit dan total prize sebesar Rp 20 juta.

4. Cupdate.id

Cupdate.id sendiri menjual produk makanan dan minuman, mereka juga memanfaatkan drama ini untuk promosi. Cara yang mereka lakukan pun terbilang unik. Mereka membuat video produk makanan ayam gepreknya dengan menggabungkan video asli dari drama tersebut sehingga terlihat menyatu bahwa para pemain serial drama itu sedang memakan produk milik Cupdate.id.

5. Otello Laser Cut

Buat para penonton serial drama ini tentu tidak asing dengan kartu undangan dalam permainan tersebut yang berwarna coklat dengan tanda lingkaran, segitiga, dan persegi. Otello Laser Cut ini menjual kartu e-money dari Bank Mandiri dengan desain mirip seperti kartu undangan yang terdapat dalam drama Korea tersebut. Mereka menjual ini di Tokopedia dengan harga Rp 70.000 ribu.

Demam serial thriller asal Korea Selatan ini ternyata menjadi ladang pemasukan bagi para pedagang di marketplace. Selain brand-brand tersebut, berdasarkan penelusuran Mediaini, beberapa akun di toko online seperti Tokopedia dan Shopee pun banyak sekali yang menjual produk jaket hijau, dan topeng penjaga dari serial drama Squid Game. (Izra Seva)


Comments

Popular posts from this blog

Shrimp Bowl with Cilantro Lime Rice

Perfect Zucchini Lasagna

Creamy Coconut Margarita