Kenali Field Selling, Keunggulan dan Caranya Bekerja dalam Bisnis
MEDIAINI.COM – Field selling mengacu pada penjualan produk atau layanan yang dilakukan oleh tim sales dengan bertemu secara langsung oleh calon pelanggan. Field selling tidak membutuhkan jam kerja khusus. Sebaliknya, tim sales lapangan sering bepergian untuk bertemu dengan klien potensial dan menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.
Peran Penting Field Selling bagi Bisnis
View this post on Instagram
Peran field marketing dalam strategi ini membuat jadi makin maksimal. Kehadiran field marketing efektif tidak hanya untuk menarik minat pengunjung untuk datang. Tetapi juga bisa mengedukasi dan menarik pengunjung untuk membeli produk yang sedang ditawarkan. Seorang field selling merepresentasikan citra merek, sehingga sebaiknya perusahaan harus lebih selektif dalam memilih seorang field selling.
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, perusahaan dapat mencari sendiri atau menggunakan penyedia jasa field marketing atau SPG. Jika menggunakan sebuah perusahaan penyedia jasa SPG, banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan. Salah satunya menghemat waktu dibandingkan jika mencari sendiri. Contohnya, jika perusahaan Anda berlokasi di Bandung, namun Anda ingin mengikuti acara atau pameran di jakarta, Anda dapat menggunakan jasa SPG di Jakarta ataupun sebaliknya.
Pada umumnya, field marketing dapat menjadi “pembuka pintu” untuk menarik konsumen secara langsung. Field selling berkesempatan untuk menjelaskan produk, sehingga konsumen dapat mengetahui info terkait produk. Bahkan bila konsumen tertarik, ia akan langsung membelinya.
Tips Field Selling yang Berhasil
1. Punya gaya komunikasi
Komunikasi yang baik dan mutlak dibutuhkan oleh para FM, untuk menciptakan interaksi dengan konsumen. Komunikasi ini dapat diukur dari gaya bicara dan cara berkomunikasi. Pengukuran atas gaya komunikasi ini akan dikembalikan kepada konsumen karena bisa bersifat subyektif.
2. Beri gesture atau body language
Selain komunikasi, strategi ini akan berhasil jika gesture atau body language lebih mengarah pada gerakan fisik (lemah lembut, lemah gemulai, dan lain sebagainya). Gerak tubuh ketika menawarkan produk dan sentuhan fisik (body touch) merupakan deskripsi dari body language ini.
3. Informasikan keunggulan produk
Metode yang termasuk dalam jenis personal selling ini membutuhkan informasi komplet keunggulan produk. Dengan menggunakan teknik ini, maka kegiatan penjualan akan berjalan lebih fleksibel dan mudah untuk disesuaikan berdasarkan keinginan dan juga reaksi dari calon konsumen. Selain menjelaskan produk, baiknya Anda menekankan keunggulan produk yang Anda tawarkan.
Kelebihan Field Selling
Ada beberapa hal yang jadi kelebihan dengan menggunakan metode ini. Selain membuat calon konsumen bisa bertemu langsung dengan pihak penjual. Dalam hal ini, nantinya pihak penjual atau salesman bisa mempresentasikan manfaat produk kepada calon pembeli secara langsung dan juga menunjukan kelebihan dari produk tersebut. Anda juga nantinya mampu memberikan jawaban secara langsung terkait pertanyaan calon pembeli dan juga mengedukasi konsumen secara rinci agar mereka mau membeli produk.
Personal branding juga memungkinkan salesman untuk bisa datang secara teratur guna membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan juga mampu memberikan saran terbaik terkait produk yang konsumen inginkan. (Arlina Laras)
Comments
Post a Comment