Instagram Story Paling Efektif untuk Berbisnis, Benarkah?

MEDIAINI.COM – Instagram Story memang biasa digunakan di dalam bisnis. Fitur ini menjadi andalan dan favorit dari platform Instagram. Berdasarkan penelusuran Mediaini, Instagram story telah mengumpulkan rata-rata 250 juta pengguna harian. Ini menjadi bukti bahwa bisnis harus bisa memanfaatkan fitur Instagram ini untuk mempromosikan brand-nya.

Anda bisa membuat story bersambung mengenai produk dan bisnis Anda, menceritakan behind the scene orang-orang yang berperan penting dalam bisnis Anda, tips menggunakan produk dengan benar, dan sebagainya.

Instagram story bisa menjadi fitur yang sempurna bagi bisnis untuk mengasah kreatifitas dan menciptakan foto dan video yang menarik perhatian. Jika hal ini dilakukan secara tepat dan efektif, maka bisa pula meningkatkan brand awareness, memancing lebih banyak followers untuk bergabung dan dapat menjalin koneksi lebih dekat lagi dengan audience

Di Instagram Story, pengguna akan mendapatkan informasi yang lebih ringkas, padat, dan cepat. Selain itu, untuk sekarang pengguna Instagram sudah malas untuk scroll ke bawah dan membaca panjang caption serta isi di dalam feed apabila content tersebut mengandung tulisan. 

Instagram Story menjadi fitur yang efektif dalam membangun sebuah brand atau bisnis. Namun apakah benar Instagram Story efektif untuk mempromosikan bisnis? Berikut Mediaini merangkum kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Instagram Story. 

Kelebihan Instagram Story Terhadap Sebuah Bisnis

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mediaini.com (@mediaini.id)

Instagram story telah menyediakan banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan konten yang khas Anda dan berbeda dengan kebanyakan konten yang sudah ada. Pastikan untuk menggunakan semua fitur secara maksimal dalam proses mempromosikan bisnis. Bahkan, Anda bisa mengkombinasikan fitur dan aplikasi maupun jenis konten untuk menciptakan konten yang benar-benar berbeda.

Anda bisa memadupadankan video dan teks atau image  untuk menciptakan satu konten Instastory. Anda hanya perlu menayangkan konten foto produk dalam bentuk slide per slide yang bergerak secara sambung menyambung untuk memperkenalkan promo apa saja yang sedang berlangsung bulan ini. 

Intinya, bebaskan imajinasi dan berkreasilah untuk menciptakan kombinasi konten yang interaktif dan mengundang audiens Anda untuk tertarik. Manfaatkan fitur Q&A, dan Polling. Dengan fitur ini Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada konsumen, atau memberikan kesempatan untuk mereka bertanya dan mengetahui apa yang mereka butuhkan 

Kekurangan Instagram Story  Terhadap Sebuah Bisnis

Menyoal kekurangan, sebenarnya ini hanya terbatas pada hal-hal teknis. seperti :

1. Konteksnya Terbatas

Akses Instagram Story sebenarnya begitu mudah, namun konteksnya yang hanya memuat foto dan video selama 24 jam dan begitu singkat dengan tayangan hanya15 detik. Sehingga, Anda harus benar benar mampu membuat konten instagram yang menarik baik dengan foto maupun video.

2. Kualitas Unggahan yang Menurun

Dalam fitur ini jika menggunakan android, maka skala kualitas video akan menjadi kecil sehingga gambarnya tidak begitu jelas. 

Tentunya, masih ada banyak strategi lain yang bisa Anda pelajari terkait pemanfaatan Instagram Story agar dalam menjalankan bisnis menjadi lebih optimal. Untuk berdiskusi dan brainstorming ide dalam menjalankan pemasaran online, Anda bisa menghubungi social media dan digital marketing agency terpercaya, atau langsung saja kontak ke tim Mediaini yang siap membantu Anda dengan sepenuh hati. (Arlin Laras)


Comments

Popular posts from this blog

Marinated Olives

Sensory SZN

Shrimp Bowl with Cilantro Lime Rice