5 Trik Rahasia Maksimalkan Hashtag untuk Tarik Engagement

MEDIAINI.COM – Ada beberapa trik rahasia maksimalkan hashtag untuk mempromosikan bisnis.Melalui hashtag, jenis-jenis konten akan dikelompokkan dan ini memudahkan audience dalam menemukan postingan Anda di Instagram.

Apalagi, jika Anda dapat menerapkan dengan benar di setiap postingan. Misalnya, dengan menggunakan hashtag spesifik dan organik, ini otomatis akan membuat jangkuan makin luas untuk memperkenalkan diri Anda atau produk usaha Anda.

5 Trik Maksimalkan Hashtag agar Menarik Audiens

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mediaini.com (@mediaini.id)

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk maksimalkan hashtag agar audiens datang dan berinteraksi. Maka, tujuan akhir agar terhubung dengan lebih banyak audiens. Nah, simak cara maksimalkan hashtag 

1. Analisis Hashtag yang Banyak Dicari

Trik maksimalkan hashtag yang pertama adalah dengan cara menganalisisnya. Semakin populer sebuah hashtag, artinya semakin banyak juga orang yang mencari atau menggunakan tagar tersebut. Anda juga bisa mencari tahu hashtag apa yang biasa menjadi trending namun masih memiliki benang merah dengan pesan brand yang ingin disampaikan. 

Di saat yang sama, Anda pun harus lebih sering melakukan riset hashtag, sebab ada beberapa hashtag populer yang bisa berpengaruh negatif pada akun Anda, bahkan bisa menyebabkan akun kena banned.

2. Pakai Tools Gratis

Selain menganalisis, rahasia maksimalkan hashtag dengan pakai tools yang ada. Memasukkan hashtag yang sama berulang-ulang dari unggahan yang satu ke postingan yang lain, juga akan membuat akun Anda mendapatkan penalti. Sistem otomatis Instagram bisa mengetahui hal ini. 

Oleh sebab itu, menggunakan hashtag generator jadi pilihan yang tepat. Tools ini bisa membantu Anda menghindari penalti seperti yang disebut sebelumnya. Anda akan mendapatkan rekomendasi tagar yang bisa digunakan, juga memberikan insight mengenai top trending dan hashtag yang cocok dengan kebutuhan brand Anda.

3. Unggah pada Waktu yang Tepat

Trik sukses maksimalkan hashtag dengan melihat dan mengamati waktu yang tepat. Setiap akun di Instagram memiliki waktu terbaik masing-masing dalam melakukan posting konten terbaru. Walaupun hashtag yang Anda gunakan sudah tepat, namun jika waktu melakukan unggahan tidak sesuai dengan algoritma yang mereka miliki, maka interaksi antar audiens tidak akan terbangun. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari kebiasaan audiens. Lakukan posting ketika audiens sedang online. Selain berpatokan pada waktu tertentu, Anda juga bisa menyesuaikan dengan kalender konten dan data yang ada pada akun Anda.

4. Konsisten dengan Call to Action

Cara jitu selanjutnya maksimalkan hashtag dengan memerhatikan call to action pada caption. Perpaduan hashtag dan call to action yang tegas dan jelas, bisa memberi dampak yang sangat bagus dalam mencapai keberhasilan promosi online yang Anda selenggarakan. Dengan menggunakan kosakata yang menarik, menyertakan pesan profesional dalam caption, juga akan membuat campaign marketing untuk brand Anda terlihat berbeda dibandingkan dengan kompetitor.

5. Pantau Influencer dan Pesaing di Media Sosial

Mulailah dengan melakukan analisis kompetitif di media sosial. Kumpulkan informasi tentang pesaing dan influencer yang relevan dalam target pasar Anda. Catat hashtag apa saja yang sering digunakan dan berapa banyak tagar yang digunakan di setiap postingan.Ini akan membantumu mempelajari bagaimana pesaingmu terlibat dan kata kunci mana yang cenderung mereka gunakan. 

Jika membutuhkan konsultasi lebih lanjut mengenai cara memanfaatkan hashtag agar tepat sasaran dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, Anda bisa menghubungi Mediaini yang sudah berpengalaman dalam penyedia jasa manajemen sosial media. (Arlina Laras)


Comments

Popular posts from this blog

Marinated Olives

Sensory SZN

Shrimp Bowl with Cilantro Lime Rice