4 Fungsi Teknik Order-Getter untuk Bangun Bisnis, Yuk Coba!
MEDIAINI.COM – Order-getter meletakkan perhatian dengan membangun hubungan baru dengan pelanggan baru dan menciptakan bisnis baru. Order-getting berarti mencari pembeli-pembeli potensial dengan presentasi penjualan yang telah diatur dengan baik.
Order getter menjadi salah satu teknik dari personal selling yang merupakan kegiatan untuk mempertahankan dan juga mengembangkan usahanya dengan mendapatkan keuntungan dari konsumen. Usaha order getter yang mungkin paling sering dialami bagi setiap orang adalah saat ada seller atau salesman yang datang ke rumah dan menawarkan produknya.
Hal ini dilakukan dengan ketika perusahaan mengirimkan seorang salesman dengan tujuan menjual dan menawarkan produk maupun jasa secara face to face. Dalam prosesnya salesman akan mempromosikan produk dari perusahaannya untuk dapat memberikan informasi dan memotivasi customer untuk membeli atau setidaknya mencoba produk tersebut.
Saat melakukan order-getter, seorang salesman sangat diharapkan untuk dapat berbicara secara persuasif agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Tujuan Order-Getter
Order getter memiliki banyak tujuan, salah satunya adalah memberikan informasi kepada konsumen, membantu memasarkan produk, menyediakan produk yang bermanfaat, dan juga memberikan layanan serta dukungan yang baik kepada konsumennya.
Selain itu, terdapat pula tujuan order-getter lainnya adalah untuk meningkatkan penerimaan konsumen terhadap produk baru, memperoleh konsumen baru, menjaga loyalitas konsumen, meningkatkan fasilitas penjualan, dan juga memperoleh informasi di pasar.
4 Fungsi Teknik Order-Getter
Order getter adalah salah satu strategi marketing yang dinilai menguntungkan karena melakukan pendekatan efektif kepada konsumen dengan berbicara secara langsung (face to face), ada beberapa fungsi :
1. Beri Pemahaman dan Pengetahuan untuk Konsumen
Sebagai seorang salesman, mereka harus dapat memberikan pemahaman untuk para konsumen dalam membuat keputusan membeli produk yang ditawarkan.
2. Menjadi Sumber Informasi
Selain itu, Salesman juga harus dapat menjadi informan perusahaannya mengenai aktivitas pesaing, prediksi penjualan, dan lain sebagainya.
3. Pelayanan
Bukan hanya dapat memastikan konsumennya bisa mendapatkan manfaat dan nilai dari produk yang ditawarkan, seorang salesman juga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.
4. Penjualan
Salesman juga diminta untuk dapat meningkatkan penjualan produk dengan cara seperti membujuk konsumen untuk tertarik dan melakukan pembelian kepada produk yang ditawarkan.
Manfaat Order-Getter
Order Getter merupakan kegiatan yang bisa memberikan banyak keuntungan dikarenakan aktivitas penjualan akan berjalan lebih fleksibel atau lebih mudah disesuaikan berdasarkan keinginan dan reaksi calon konsumen.
Selain itu, order-getter juga memungkinkan calon konsumen bertemu langsung dengan penjual. Dalam hal ini, nantinya penjual atau salesman dapat mempresentasikan manfaat produk kepada calon pembeli secara langsung dan sekaligus menunjukkan keunggulan produk tersebut.
Salesman juga mampu memberikan jawaban langsung atas beragam pertanyaan calon pembeli serta dapat mengedukasi konsumen secara detail agar mau membeli produk tersebut. Pendekatan dari strategi marketing satu ini sesungguhnya dapat memperbesar interaksi, antusiasme, serta dorongan agar mampu membuat calon konsumen bersedia membeli produk yang ditawarkan.
Selain itu, bermanfaat pula untuk memelihara hubungan jangka panjang karena komunikasi, interaksi, serta loyalitas konsumen bisa dibangun melalui stimulus tindakan dan pendekatan emosional. (Arlina Laras)
Comments
Post a Comment