Segudang Keuntungan Bisnis Croffle Kekinian yang Menggiurkan
MEDIAINI.COM – Croffle, makanan ringan yang merupakan perpaduan antara Croissant dan Waffle ini sedang booming dan viral di kalangan millenials Indonesia. Padahal kudapan yang satu ini sudah dipekenalkan di salah satu cafe bernama La Petite Boulangerie milik Cuisine de France yang ada dublin, Ibukota Irlandia pada tahun 2017 silam. Di negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura, Croffle juga sudah cukup lama dikenal. Lalu mengapa butuh beberapa tahun sampai Croffle kekinian viral di Indonesia?
Croffle Viral di Indonesia
Viralnya croffle di indonesia tak lepas dari peran salah satu penyanyi asal Korea Selatan, kang Min Kyung. Mulanya, ia mengatakan makanan Croffle adalah makanan favoritnya. Kudapan ini memang cukup terkenal di negeri gingseng tersebut. Dan benar saja, tak lama berselang popularitas croffle makin menanjak dan menjadi incaran banyak orang. Tidak hanya di Korea Selatan, tapi juga di Indonesia dimana mulai banyak orang yang menjadi penggemar Hallyu, sehingga bila ada sesuatu yang sedang hype di Korea Selatan akan mudah tersebar di Indonesia.
Bisnis Croffle Di Indonesia
Sejak awal tenarnya croffle di Indonesia, tidak sedikit pelaku bisnis kuliner yang mencoba peruntungan dengan merambah berjualan croffle. Ada beberapa yang mencoba membuka usaha croffle baru, menambahkannya dalam menu cafe, ada pula yang mencoba peruntungan dalam bisnis waralaba atau franchise. Singkatnya, semakin hari semakin mudah saja menemukan penjual croffle, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Croffle yang ditawarkan pun beragam, dengan berbagai inovasi topping yang menggiurkan dan tentu saja menggugah selera.
Keuntungan Bisnis Croffle
Umumnya, bisnis kuliner – tidak hanya croffle – memiliki banyak keuntungan yang membuatnya terus menjadi incaran para pelaku usaha. Terutama bisnis makanan-makanan kekinian, sejak makanan itu viral, semua orang bak berlomba-lomba menjualnya. Tapi sebenarnya apa saja keuntungan menjalankan bisnis makanan kekinian yang satu ini ?
-
Lebih Ringan dalam Memasarkannya
Bisa dikatakan, ini adalah alasan utama yang mendasari mengapa bisnis kuliner kekinian khususnya croffle menjadi incaran banyak pelaku bisnis. Bagaimana tidak? Sejak panganan ini viral, pembeli rela antri panjang hanya untuk mendapatkan sebuah croffle. Poin plus dari berbisnis sesuatu yang viral, kegiatan pemasaran anda akan lebih ringan sebab pembeli yang akan berondong-bondong mencari anda. Namun demikian, bukan berarti anda bisa berleha- leha dan berhenti mempromosikan jualan anda, karena sekalipun calon konsumen yang akan berbondong-bondong memburu croffle tersebut, di sisi lain kompetitor anda juga akan semakin banyak. Bila anda tidak menyusun strategi pemasaran, bisa jadi bisnis anda akan tenggelam dengan kompetitor lain yang lebih dikenal konsumen.
-
Termasuk Bisnis Jangka Panjang
Meski bisa mendapatkan untung yang besar dalam waktu sekejap, resiko dari berbisnis produk viral adalah ancaman bisnis musiman yang mungkin terjadi. Tidak sedikit dari bisnis barang- barang viral yang dulunya terkenal bahkan pembeli sampai harus melakukan pre-order jauh-jauh hari untuk bisa mendapatkannya, tapi sekarang hilang tidak ada kabarnya. Seolah ketenaran bisnisnya ikut tenggelam bersama redupnya kisah viral produk itu.
Tapi bagi anda yang ingin memulai bisnis croffle sepertinya tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Meski baru booming di Indonesia pada tahun 2021, tapi bisnis ini telah lama ada sejak tahun 2017 dan nyatanya Croffle masih cukup diminati masyarakat Korea Selatan walau sudah berjalan selama empat tahun.
-
Mudah Dijalakan
Keuntungan lain dari bisnis croffle yang sayang anda lewatkan adalah, bisnis ini sangat mudah dijalankan. Selama anda sudah mengetahui apa saja bahan yang dibutuhkan, bagaimana cara pembuatan croffle yang lezat, serta strategi apa yang sebaiknya dilakukan dalam menjalankan bisnis kuliner, maka anda bisa menjalankan bisnis croffle tanpa ribet.
Di samping itu, croffle termasuk dalam makanan ringan yang mudah dalam penyajiannya. Croffle tidak hanya ditawarkan di cafe-cafe saja. Karena croffle termasuk makanan ringan, anda bisa menjadikan croffle sebagai salah satu menu street food anda. Atau bila anda sedang menjalankan bisnis food truck, anda bisa menambahkan croffle ke dalam menu anda. Meski terlihat mewah, croffle tetap cocok dijajakan di berbagai jenis tempat.
-
Modal Cepat Kembali
Keuntungan lain yang akan anda rasakan dengan menjalankan bisnis croffle adalah perputaran uang anda yang cepat. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan orang Indonesia yang sangat suka jajan serta menyukai sesuatu yang praktis. Kebiasaan konsumtif inilah yang kemudian menjadi peluang besar dalam berbisnis kuliner, bisnis croffle khususnya.
Di samping itu, umumnya makanan kekinian seperti croffle tidak membutuhkan modal yang besar untuk membuatnya. Tapi ide kreatif dari makanan tersebutlah yang menjadikan harganya menjadi tinggi. Terlebih bila makanan tersebut sedang viral, harganya bisa naik berkali-kali lipat lagi.
Mudah dikembangkan
Seperti layaknya bisnis kuliner lainnya, bisnis croffle juga cukup mudah untuk dikembangkan. Hal ini terlihat dari berbagai inovasi croffle yang ada di pasaran. Anda bisa mengembangkan bisnis croffle dengan menciptakan beberapa baru. Seperti misalkan dengan menambahkan topping aneka rasa atau membuat bentuk croffle yang unik dan lucu-lucu. (fd)
Comments
Post a Comment