5 Manfaat Fitur Instagram Story untuk Promosi Bisnis
MEDIAINI.COM – Fitur Instagram Story jadi pilihan pengguna Instagram yang paling banyak digunakan. Bisa dibilang jik termasuk salah satu fitur favorit. Sebab, menjadikan konten yang dibuat tampak lebih interaktif dan unik.
Menggunakan fitur Instagram story secara optimal dan kreatif bisa memancing lebih banyak followers untuk bergabung. Selain itu, dapat menciptakan interaksi terkait produk, layanan dan bisnis Anda. Jika hal ini dilakukan secara tepat dan efektif, maka bisa pula meningkatkan brand awareness, memperbesar peluang terjadinya konversi penjualan, menambah jumlah follower aktif, bahkan bisa mendatangkan banyak pelanggan ke online store atau website bisnis Anda.
Memanfaatkan Fitur Instagram Story Untuk Promosi Bisnis
View this post on Instagram
Instastory bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen dan mengembangkan bisnis Anda. Berikut manfaatnya, antara lain :
1. Lebih Interaktif dan Menarik
Manfaat fitur Instagram Story yang pertama adalah soal interaktivitas. Tidak sedikit pengguna Instagram yang postingan foto atau video terakhirnya sudah berbulan-bulan lalu—bisa jadi karena kehabisan stok foto untuk diunggah—tetapi mereka tetap mengunggah banyak hal lain melalui fitur Instagram Stories dalam 24 jam terakhir. Kecenderungan ini menandakan bahwa pengguna sangat menyukai fitur Stories dan mereka lebih hiperaktif ketika influencer yang mereka ikuti melakukan update di sana, juga hal penting lain bahwa pengguna lebih mungkin berinteraksi secara lebih personal dengan influencer terkait.
Berdasarkan penelusuran Mediaini, dengan 250 juta pengguna aktif harian, fitus Stories yang tentu saja sangat efektif untuk beriklan karena muncul di antara Stories dari pengguna lain yang diikuti sekalipun iklan tersebut berasal dari akun yang tidak diikuti. Sejatinya memang seperti itulah cara kerja sebuah iklan.
2. Meningkatkan Engagement
Fitur Instagram Story juga menawarkan menu interaktif yang komplet. Mulai berisi model Q&A, polling, yes or no, merupakan salah satu cara untuk mengajak audiens berinteraksi secara langsung, membangun kedekatan yang bisa berdampak pada peningkatan engagement dan interaksi yang berkelanjutan.
3. Membuat Orang Semakin Penasaran
Di sisi lain, fitur Instagram Story ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online dengan cara yang kurang lebih sama seperti penggunaan personal. Anda bisa membuat story bersambung mengenai produk dan bisnis Anda, menceritakan behind the scene orang-orang yang berperan penting dalam bisnis Anda, tips menggunakan produk dengan benar, dan sebagainya.
4. Hashtag dan lokasi pada iklan juga tampil di Explore
Fitur Instagram Story yang memaksimalkan penggunaan hashtag dan lokasi jadi strategi wajib promosi. Penggunaan hashtag merupakan sesuatu yang tidak kalah penting kalau Anda hendak melakukan pemasaran melalui Instastory. Hashtag memiliki dampak besar terhadap setiap konten yang Anda posting. Hal ini dikarenakan, banyak pengguna Instagram dan media sosial lainnya, mencari informasi yang dibutuhkan hanya dari hashtag, tanpa perlu bersusah payah mencari melalui nama akun media sosial.
Lebih bagus lagi, jika Anda dapat menciptakan hashtag sendiri dan menjadikannya viral. Dengan cara ini, akan ada lebih banyak audiens yang mengenal bisnis dan produk Anda melalui hashtag tersebut. Jangan lupa, maksimalkan juga fungsi location tag agar konten yang Anda posting bisa jauh lebih maksimal dampaknya.
5. Mudah Mengenali Audiens
Saat ini, Instagram telah memiliki fitur Q&A (Questions and Answers). Dengan fitur ini, Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada audiens atau followers Anda, dan memberi kesempatan kepada mereka untuk menanyakan apa pun yang ingin mereka ketahui tentang bisnis dan produk Anda.
Selain itu, terdapat fitur Polling di Instagram memang baru beberapa waktu lalu diluncurkan, tetapi sangat membantu. Mungkin tidak disadari tetapi fitur baru ini bisa digunakan oleh brand untuk mengidentifikasi konten apa yang lebih disukai oleh audiens mereka. Kelebihan lain dari fitur ini adalah pengiklan bisa melihat siapa yang menyukai dan tidak menyukai jenis konten mereka, apakah berasal dari daftar pengikut mereka atau dari sumber organik.
Tentunya, masih ada banyak manfaat Instagram story untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa menemukannya pada website Mediaini. Untuk berdiskusi dalam menyelenggarakan manajemen sosial media Anda juga bisa menghubungi Mediaini yang siap membantu Anda dengan sepenuh hati. (Arlina Laras)
Comments
Post a Comment